Uji Kelayakan Air Sumur Menggunakan Teh

Sudah 1 minggu lebih air sumur di rumah terasa bau, pada awalnya memang tercemar oleh air got yang rembes ke sumur. Namun setelah rembesan kering, satu minggu berlalu baunya tetap tidak hilang sehingga kami tidak dapat menggunakan air tersebut untuk keperluan rumah tangga.

Saat hendak membeli kaporit di toko material, oleh petugas toko diberi saran untuk mengetes air sumur mentah menggunakan air teh. Idealnya dilakukan selama 1 malam, jadi air yg diuji dibiarkan selama 1 malam untuk dapat diketahui hasil nya, jika reaksinya seperti air teh biasa berarti air aman dikonsumsi belum tercemar limbah atau logam, namun jika reaksinya air berubah warna menjadi pekat ke ungu unguan seperti anggur berarti air tercemar limbah / logam dan tidak aman untuk dikonsumsi.

Setelah sampai rumah langsung dipraktekkan apa yang disarankan oleh petugas toko material tersebut, kami lsg mengambil air dari kran dan dicampur dengan air teh dan tanpa menunggu hingga 1 malam kami sudah dapat melihat reaksinya, kami terkejut bahwa air tersebut berubah menjadi pekat ke ungu unguan, sama seperti yang disampaikan oleh petugas toko meterial apabila kondisi air tercemar limbah / logam dan tidak aman untuk dikonsumsi. Tidak puas sampai di situ, kami mencoba mengambil sample dari air sumur tetangga untuk diuji menggunakan teh juga, hasilnya berbeda dengan air siumur milik kami, air sumur yang kedua ini tetap bereaksi seperti air teh, bahkan setelah kami coba biarkan selama semalaman pun hasilnya tetap sama.

Berikut foto hasil pengujian dari dua sumber air tanah ( sumur ) yang kami lakukan yang tampak kuning adalah air sumur yang aman dikonsumsi, dan yang berwarna pekat adalah air sumur yang tidak aman untuk dikonsumsi.

Hasil Pengujian 2 Air Sumur yang Layak Konsumsi dan Tercemar

Hasil Pengujian 2 Air Sumur yang Layak Konsumsi dan Tercemar

Demikian informasi ini kami sampaikan semoga dapat bermanfaat bagi masyarakat yang belum mengetahui informasi mengenai Cara Sederhana Menguji Kelayakan Air Sumur menggunakan Teh.

Posted from WordPress for BlackBerry.

One thought on “Uji Kelayakan Air Sumur Menggunakan Teh

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s